Senin, 26 Agustus 2013

Burung Garuda Ada atau Tidak ?

Sebenarnya burung garuda ada atau tidak ? mungkin pertanyaan itu yang ada di benak kita semua. Garuda merupakan lambang negara Republik Indonesia, tapi bukan hanya Indonesia yang menjadikan burung garuda sebagai labang negara karena Thailand juga memakai garuda sebagai lambang negara mereka.

Untuk menjawab pertanyaan diatas kita memelukan referensi yang dapat menjawab dari pertanyaan burung garuda ada atau tidak. Berselancar di internet tentang burung garuda akhirnya saya menemukan jawaban yang pasti dan dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya burung garuda itu tidak ada. Burung garuda hanyalah ada dalam mitologi kuno yang menceritakan bahwa burung garuda sebagai kendaraan Wishnu yang mirip dengan burung elang rajawali dan elang jawa.

Kisah tentang burung garuda muncul dalam berbagai kisah, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Dari semua kisah tersebut dapat disimpulkan bahwa Garuda melambangkan Kekuatan, kebajikan, keberanian, pengetahuan, disiplin, dan kesetiaan. Sebagai kendaraan Wishnu, juga memiliki sifat penjaga dan pemelihara tatanan alam semesta.

Posisi yang mulia burung Garuda dalam tradisi Indonesia sejak zaman dulu kala telah menjadikan Garuda sebagai lambang nasional Negara Indonesia, yang menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat dan sebagai perwujudan ideologi Pancasila.

Jadi dapat disimpulkan tentang apakah burung garuda ada atau tidak dalam kehidupan yang sebenarnya, maka jawabannya tidak ada, burung garuda hanya ada dalam mitologi kuno dalam sejarah bangsa Indonesia.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa kunjungi http://id.wikipedia.org/wiki/Garuda dan http://id.wikipedia.org/wiki/Lambang_Indonesia

Artikel Terkait Burung

Posting Komentar