Sabtu, 09 Mei 2015

Sejarah Awal Keberadaan Tanaman Herbal

Keberadaan jenis tanaman herbal sudah ada sejak pada jaman terdahulu, namun kurangnya pemahaman akan kandungan nutrisi dan manfaat dari berbagai jenis tanaman tersebut menjadikan tanaman herbal kurang mendapatkan perhatian. Di negara indonesia yang memiliki berbagai jenis tanaman herbal mulai diterapkan setelah mengetahui metode pengobatan yang dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari timur tengah sekitar pada abad pertengahan silam. Pada saat itulah negara indonesia mulai melestarikan dan memanfaatkan berbagai jenis tanaman herbal untuk dijadikan sebagai obat herbal yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit ringan ataupun penyakit serius.


Image Source: Infounik
Pada awal masa terjadinya perbudakan di mesir (Pada 200 SM), para budak yang didatangkan dari afrika selalu diberikan asupan makanan dan obat herbal yang terbuat dari berbagai jenis tanaman. Hal ini bertujuan agar kondisi kesehatan para budak tetap terjaga walaupun telah melakukan perjalanan yang sangat jauh dan melelahkan, sehingga dengan begitu mereka memiliki harga jual yang tinggi. Biasanya sebelum berangkat mereka diberikan makanan dan tanaman herbal seperti daun bawang dan jahe, sehingga mereka akan tahan dari serangan penyakit seperti batuk, demam, flu dan penyakit lainnya.


Selain iu, pengobatan herbal ini sudah dikenal dan diterapkan oleh para tabib yang berasal dari jazirah arab. Berbagai jenis obat yang diberikan berasal dari berbagai jenis tanaman herbal yang diberikan kepada pasienya dan terbukti ampuh. Pada saat memasuki abad pertengahan, pemanfaatan tanaman herbal untuk pengobatan mulai dikembangkan di dunia kesehatan oleh para pendeta dijaman itu dan hasilnya pun sangat mengherankan, berbagai jenis tanaman herbal yang diberikan terbukti ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Dari berbagai jenis cara pengobatan herbal yang dilakukan di berbagai negara, pengobatan herbal ala tiongkok merupakan cara pengobatan yang paling maju dan berkembang. Jenis pengobatan ini dikenal dengan sebutan pengobatan Sinsei, pengobatan herbal ini dikombinasikan dengan pengobatan mengunakan teknik akupuntur. Pengobatan ini sangat terkenal tidak hanya di tiongkok, tetapi sampai keberbagai negara didunia termasuk kenegara indonesia. Namun uniknya, berbagai jenis tanaman herbal yang di jadikan untuk ramuan herbal pengobatan ala tiongkok ini didatangkan langsung dari tanah air kita. Pasalnya, negara indonesia merupakan negara yang sangat terkenal kaya akan berbagai jenis tanaman herbal berkhasiat.

Sedangkan dinegara indonesia, pengenalan berbagai jenis tanaman herbal untuk dijadikan sebagai metode pengobatan alami baru di ketahui sejak pada jaman kerajaan majapahit dan sriwijaya. Pengenalan pengobatan alami ini dikenalkan oleh bangsa tiongkok yang menjadi ahli pengobatan dijaman itu. Sebelum masyarakat mengetahui akan khasiat tanaman herbal dan rempah-rempah ini, masyarakat kita lebih sering memperdagangkannya ke berbagai negara seperti timur tengah dan negara barat. Namun setelah mereka mengetahui bahwa tanaman dan rempah-rempah yang mereka jual ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai jenis penyakit, masyarakat kita mulai memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai obat herbal.

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan, masyarakat kita mulai mengembangkan dan mengolah berbagai jenis tanaman dan rempah-rempah alami untuk dijadikan obat alami. Khasiat dan manfaat dari ramuan obat herbal yang diwariskan oleh nenek moyang kita dulu masih dijaga dan dimanfaatkan sampai sekarang untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Jenis tanaman dan tumbuhan yang digunakan sebagai obat herbal lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Berbeda hal nya dengan obat-obatan kimia yang dapat bersifat racun (toksik) jika di konsumsi dalam jangka waktu lama. Selain itu, melakukan pengobatan dengan obat herbal yang diracik sendiri tentunya dapat dilakukan dengan biaya yang relatif lebih murah.

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar