Senin, 30 November 2015

Minum Teh Hitam dapat Menyebabkan Batu Ginjal?

Apakah benar teh hitam dapat menyebabkan batu ginjal? anda suka minum sir es teh hitam? Bagi anda yang sering minum es teh hitam atau air teh hitam, sebaiknya mulai dari sekarang anda kurangi karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan anda jika dikonsumsi terus menerus dalam jumlah yang berlebihan setiap harinya. Hal ini dikarenakan teh hitam memiliki kandungan oksalat yang sangat tinggi yang dapat terkonsentrasi didalam urin, sehingga dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh anda. Terlebih lagi jika di konsumsi berbarengan dengan mengkonsumsi sayuran hijau seperti sayur bayam yang diketahui memiliki kandungan oksalat yang juga sangat tinggi, sehingga dapat beresiko membentuk batu ginjal lebih tinggi.


Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien yang menderita batu ginjal, pada awalnya penyakit ini disebabkan oleh karena mereka sering minum air teh hitam dan juga kopi secara rutin dan dalam jumlah yang berlebihan setiap harinya.

Lalu, bagaimana dengan teh hijau?


Menurut dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa teh hijau berbeda dengan teh hitam, teh hijau ternyata memiliki banyak khasiat yang salah satunya dapat membantu meminimalisir pembentukan batu ginjal. Hal ini dikarenakan teh hijau mampu mengurangi pengeluaran dan juga penumpukan oksalat yang terdapat didalam urin, teh hijau juga memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi yang dianggap dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Khasiat dari teh hijau juga masih banyak seperti melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penumpukan kadar oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di dalam ginjal? Berikut penjelasan dan beberapa hal yang dapat anda lakukan, yaitu :

1.    Perbanyak minum air putih minimal 2 liter setiap harinya agar dapat membantu meningkatkan cairan di dalam urin yang dapat melewati organ ginjal, sehingga dapat mencegah terjadinya proses penumpukan dan pembentukan oksalat didalam ginjal. Selain itu, tercukupinya cairan dengan perbanyak minum air putih dapat membantu membuat zat-zat berbahaya yang mengendap didalam ginjal.
2.    Cukupi kalsium harian anda dengan mengkonsumsi makanan, minuman atau suplemen yang mengandung kalsium cukup. Cukupi kebutuhan kalsium harian anda minimal 1.200 mg per harinya, cara ini dapat membantu untuk mengikat oksalat dan juga mencegah terjadinya proses pembentukan batu pada ginjal. Sedangkan makanan yang memiliki sumber kalsium paing baik yaitu susu dan aneka olahan dari susu.

Nah, apakah anda masih ingin minum atau mengkonsumsi teh hitam setiap hari? Namun bagi anda yang masih ingin bisa minum teh, sebaiknya minumlah teh susu dan konsumsilah dalam batasan yang wajar dan tetap penuhi kebutuhan nutrisi lainnya agar nutrisi tubuh lebih seimbang.

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar