Senin, 25 Mei 2015

Apa itu Penyakit Jantung dan Stroke?


Ketahui apa itu penyakit jantung dan stroke! Penyakit jantung merupakan suatu istilah umum yang sering mengacu terhadap suatu kondisi medis akut dan kronis yang dapat mempengaruhi beberapa komponen jantung di dalam tubuh. jantung merupakan salah satu organ tubuh kita yang fungsinya sangat penting bagi kita, jantung ini terletak di sebelah kiri rongga dada. Oragan jantung berfungsi untuk memompa darah  secara terus-menerus tanpa berhenti, proses pemompaan ini dapat mencapai 100,000 kali dalam sehari

Darah yang selalu bergerak di dalam tubuh dapat membawa oksigen dan nutrisi lain yang dibutuhkan keseluruh organ di dalam tubuh, serta dapat membawa karbon dioksida dan limbah lain ke organ paru-paru, ginjal dan hati untuk dieksresikan. Jantung dapat menjamin kebutuhan akan oksigen sendiri dengan melalui serangkaian arteri koroner dan vena. Organ jantung juga merupakan sebuah organ endokrin yang dapat menghasilkan hormon-hormon natriuretik atrial (ANP) dan juga hormon peptida natriuretik tipe B (BNP) yang dapat mengkoordinasikan bersama dengan pembuluh darah dan juga organ ginjal.

Penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang masih berhubungan dengan sistem kardiovaskular, sistem kardiovaskular ini merupakan suatu sistem yang dapat mengatur organ jantung bersama dengan pembuluh-pembuluh darah di dalam tubuh. penyakit jantung dapat menyerang secara tiba-tiba, ini disebabkan oleh karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri sehingga dapat menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi menuju organ jantung.

Sedangkan jenis penyakit strok dapat disebabkan oleh karena terjadinya penyempitan pembuluh darah yang dapat menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke otak, bahkan menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengakibatkan terjadinya pendarahan pada otak.

Jika ada seseorang yang menderita penyakit jantung, banyak orang yang beranggapan bahwa orang tersebut jantungnya sakit atau sakit jantung. Tetapi sebenarnya, penyakit jantung itu sangat bervariasi, mulai dari penyakit jantung koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, sakit pada bagian dada, stroke, dan juga penyakit jantung reumatik. Biasanya seseorang yang menderita penyakit jantung, kemungkinan juga mereka menderita penyakit jantung koroner. Jenis penyakit ini dapat menyerang pembuluh darah dan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.. penyakit ini dapat disebabkan oleh karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri, sehingga dapat menghambat penyuplaian oksigen dan nutrisi penting ke organ jantung.

Sedangkan penyakit stroke dapat disebabkan oleh karena terjadinya kerusakan pada sel-sel di dalam otak karena tidak tercukupinya kebutuhan akan oksigen dan nutrisi. Maka dari itu, sel-sel otak tersebut harus tercukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap hidup dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pasokan oksigen dan nutrisi ini akan dibawa oleh darah menuju ke pembuluh darah untuk disalurkan ke sel-sel yang terdapat d dalam otak. Namun jika aliran darah itu mengalami hambatan walau hanya dalam beberapa menit saja, maka hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan bahkan dapat mengakibatkan seseorang mengalami stroke. Terjadinya penghambatan aliran darah meenuju otak selama 2-3 menit saja dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel yang terdapat didalam otak, maka jika penghambatan dapat terjadi lebih lama tentunya dapat berakibat lebih buruk lagi dan akan lebih sulit untuk disembuhkan. Maka sangat diperlukan antisipasi atau segera mendapatkan pertolongan jika terjadi serangan stroke agar dapat segera disembuhkan.

Sumber: manfaat.co

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar