Sabtu, 05 Januari 2013

Memilih burung kenari untuk kontes

Kemenangan dalam kontes burung kenari merupakan suatu kebanggaan yang sangat tiada terkira. Namun, dalam mencapai kemangan kontes tersebut tidak datang dengan cuma-cuma, tetapi memerlukan suatu persiapan yang matang dalam menyiapkan burung kenari untuk mengikuti kontes.

Adapun tips memilih burung kenari untuk kontes sebagai berikut.
  • Dalam memilih burung, pilihlah burung kenari jantan yang sudah berbunyi dan perhatikan postur tubuhnya pastikan  burung kenari yang di pilih tidak cacat,tidak gemuk, dan yang tidak kalah penting warna bulunya harus indah.
  • Dengarkanlah pada saat burung kenari tersebut berbunyi dan pilihlah burung kenari yang mempunyai suara bernyanyinya yang panjang, nyaring, dan bagus dimana lagu yang di bunyikan burung tersebut bervariasi, dan tidak putus-putus. .
  • Untuk mendeteksi suara yang nyaring, perhatikanlah leher dari burung kenari tersebut bisanya ada bagian yang menonjol saat kenari berbunyi.
  • Pada saat burung kenari berbunyi biasanya akan merentangkan dan menurunkan sayapnya dan juga bergerak ke kiri kekanan.
  • Lihatlah kengototan burung kenari tersebut, caranya dekatkanlah dengan burung kenari jantan lainnya dan apabila terlihat ngotot dalam mengeluarkan bunyinya maka kenari tersebut layak untuk mengikuti kontes kenari.
  • Satu lagi yang harus diperhatikan yaitu mental dari burung kenari tersebut.
Melatih fisik burung kenari

Selain mental yang harus diperhatikan yaitu fisik burung kenari tersebut. Adapun tips-tips untuk melatih fisik burung kenari yaitu sebagai berikut:
  • Siapkan sarang panjang, lalu masukan tangan anda dan biarkan burung kenari terbang kesana kemari di dalam sangkar tersebut. 
  • Latihlah burung kenari tersebut sampai tampak ngos-ngosan. 
  • Lakukan latihan fisik 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 
  • Istirahatkan burung kenari setelah latihan dengan cara kerudungi dan hindari dari tempat yang dingin dan panas.
  • Jika mau menjelang kontes jangan latih seminggu sebelum konte di mulai.
Agar burung kenari memiliki mental tanding

Mental tanding yang kuat sangat diperlukan lagi bagi burung kenari ketika akan mengikuti kontes. Berada dalam tempat yang banyak orang bisa membuat burung kenari setres sehingga ferformanya tidak maksimal. Untuk menggembleng mental burung kenari, bisa dilakukan dengan menggantungnya di tempat yang sering dilewati orang serta daerah yang berisik, seperi di pinggir jalan depan rumah. Buatkan kandang umbaran (agak luas dan besar sehingga burung bebas terbang) untuk membentuk stamina yang fit.

Memunculkan warna merah pada burung kenari

Burung kenari yang memiliki warna merah dominan akan menjadi prestisius bagi pemiliknya. Untuk memperbanyak warna merah pada burung kenari, bisa dilkukan saat burung ini mengalami mambung menggunakan cabai merah besar. Caranya, cabai merah tersebut  dibelah menjadi dua dan digantung di sangkar burung.

Berikan pakar ekstra untuk menghasilkan burung kenari juara

Kunci lain untuk menghasilkan burung kenari juara adalah pakan. Pakan yang diberikan harusbenar-benar berkualitas. Artinya, pakan harus diseleksi, kemudian komposisi antara biji bijian yang digunakan sesuai  dengan umur burung. Burung muda, jelas memerlukan gizi tinggi sehingga kadar protein yang diberikan pun harus tinggi. Selain itu, berikan vitamin lengkap inimal 3 kali sehari.

Itulah tips bagaimana cara memilih burung kenari untuk kontes, semoga artikle ini berguna bagi anda pecinta burung kenari.

Lihat juga tentang flora dan fauna

Artikel Terkait Burung

Posting Komentar