Jumat, 15 Agustus 2014

Manfaat buah merah untuk kesehatan

Buah merah merupakan salah satu jenis buah yang terdapat di daerah papua, buah merah ibi memiliki nama latin pandanus conoideus lamk. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah dataran tinggi papua seperti di lembah baliem wamena dan daerah-daerah terpencil lainnya yang ada di papua. Di papua buah merah sering dijadikan sebagai sumber minyak nabati oleh masyarakat sekitar, minyak nabati tersebut sering digunakan sebagai penyedap makanan pokok.

Buah merah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, kandungan asam lemak pada buah merah sama dengan kandungan asam lemak yang terdapat pada minyak goreng. Sedangkan minyak nabati buah merah dihadilkan dari lapisan merah yang menempel pada bijinya, cara memproduksi minyak nabati pada buah merah masih dilakukan dengan cara tradisional.

Buah merah ternyata memiliki kandungan yang sangat banyak dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh seperti omega 3, omega 6, asam lemak omega 9, vitamin E, beta karoten dan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, buah merah juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, zinc, magnesium, fosfor dan lain-lain. Maka tak heran jika buah merah ini sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah kesehatan.

Cara mengolah buah merah untuk diambil minyaknya yaitu dengan memotong-motong buah merah kecil-kecil, setelah itu rebus dengan api besar agar potongan buah menjadi lembut. Kemudian leburkan agar biji dan daging buah merah terpisah, lalu saring dan buang airnya maka akan tersisa bagian yang lembek seperti jelly. Kemudian jelly tersebut rebus pada sebuah panci dengan api kecil hingga minyak dan air terpisah. Minyak buah merah akan muncul dipermukaan , lalu ambil minyaknya dan masukan kedalam botol.

Berikut ini beberapa manfaat buah merah untuk kesehatan, diantaranya yaitu ;

1.    Buah merah memiliki khasiat dalam mengobati penyakit HIV AIDS, karena buah merah mengandung tokoferol dan betakaroten yang cukup tinggi.

2.    Buah merah juga sangat berkhasiat untuk mencegah kanker dan tumor, karena dengan kandungan tokoferol dan betakaroten dapat brperan sebagai antioksidan yang kuat. Sehingga mampu mencegah dan membunuh sel kanker dan tumor di dalam tubuh.

3.    Manfaat buah merah juga sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah stroke, stroke disebabkan oleh karena penyempitan pembuluh darah sehingga dapat mengganggu sirkulasi darah. Buah merah memiliki kandungan kalium dan tokoferol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengencerkan darah yang menggumpal, sehingga sirkulasi darah akan kembali normal.

4.    Kandungan tokofeol dan kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah merah, dipercaya dapat mengobati asam urat. Asam urat disebabkan oleh karena adanya gangguan pada fungsi lever karena memproduksi asam urat terlalu banyak, akhirnya mengumpul pada persendian dan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa.

5.    Mecegah osteoporosis

Buah merah memiliki kandungan kalsium dan mineral lainnya yang dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau disebut dengan osteoporosis, penyakit osteoporosis biasanya sering menyerang pada usia diatas 30 tahun. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan kalsium pada tulang, sehingga mengakibatkan keropos pada tulang.

6.    Mencegah diabetes

Buah merah juga memiliki kandungan yang dapat membantu mengembalikan fungsi kelenjar pancreas dalam memproduksi insulin dalam tubuh, sehingga dapat mencegah timbuknya penyakit diabetes mellitus yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh.

Demikianlah beberapa manfaat buah merah untuk kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar