Sabtu, 27 September 2014

Bahaya Kelebihan Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi anda yang menyukai makanan dan minuman manis, anda mesti waspada akan kandungan gula yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh anda, karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga dapat memicu berbagai jenis penyakit.


Berikut ini merupakan beberapa bahaya kelebihan gula bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1.    Dapat menyebabkan menurunnya sistem daya tahan tubuh seseorang.

2.    Dapat mengganggu komposisi mineral di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan kromium dan tembaga serta dapat
mengganggu system penyerapan kalsium dan magnesium di dalam tubuh.

3.    Dapat mengakibatkan meningkatnya hormaon adrenalin, hiperaktif, kecemasan, sulit untuk kosentrasi dan pemarah.

4.    Dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolestrol jahat dalam darah dan menurunnya kadar koleterol baik di dalam tubuh.

5.    Dapat menyebabkan hilangnya elastisitas dan fungsi jaringan di dalam tubuh.

6.    Dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker, sehingga dapat mempercepat perkembangan kanker payudara, prostat, ovarium, rectum, pancreas dan kanker paru-paru.

7.    Gula berlebih di dalam tubuh dapat menurunkan kesehatan mata anda, sehingga dapat menurunkan daya penglihatan.

8.    Dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan seperti saluran cerna yang sangat asam, salah cerna, meningkatkan resiko terkena penyakit Chrons dan colitis yang disertai dengan luka.

9.    Dapat menyebabkan penuaan dini, sehingga kulit akan mengalami kerutan, timbulnya flek hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya.

10.    Dapat mengakibatkan air liur menjadi lebih asam, sehingga dapat merusak gigi dan menyebabkan penyakit periodontal.

11.    Meningkatnya berat badan juga dapat disebabkan oleh karena kelebihan gula di dalam tubuh.

12.   Dapat memicu terkena penyakit usus buntu.

13.    Dapat beresiko terkena penyakit diabetes.

14.    Dapat mengakibatkan masalah pada tulang, karena mengalami pengeroposan pada tulang atau biasa kita sebut dengan (osteoporosis)

15.    Dapat memicu seseorang memiliki tekanan darah tinggi, sehingga dapat mengakibatkan stroke dan gangguan pada organ otak.

Oleh karena itu, hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis karena dapat meningkatkan kadar fula dalam darah dan mengundang berbagai penyakit berbahaya.



Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda mengenai bahaya kelebihan gula bagi kesehatan tubuh agar hidup sehat, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Baca selengkapnya tentang gula darah di wiki

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar