Senin, 06 Oktober 2014

Bahaya Menonton Televisi Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Hampir semua orang di dunia ini tentu suka menonton televisi, karena hampir semua keluarga dirumahnya terdapat minimal 1 buah televisi. Bahkan bagi sebagian orang dapat duduk berjam-jam hanya untuk menonton televisi seperti menonton acara olahraga, ilm drama, sinetron hingga acara gossip artis idola anda. Namun perlu anda ketahui, bahwa menonton acara televise terlalu lama dapat berbahaya untuk kesehatan anda dan keluarga anda.
Logo RCTI

Teman-teman sekalian, banyak sekali acara televisi yang dapat kita tonton dan bahkan anda juga dapat mencari pengetahuan mengenai berbagai informasi yang ada di seluruh dunia, mulai dari pendidikan, bisnis, berita dan sebagainya. Tetapi, anda mesti membatasi waktu untuk menonton televisi dan jangan sampai mengganggu waktu istirahat anda.

Berikut ini merupakan informasi mengenai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

1.    Menonton acara televisi terlalu lama dapat memicu penyakit jantung, ini dikarenakan tubuh saat menonton acara televisi jarang sekali melakukan pergerakan pada tubuh dalam waktu yang cukup lama sehingga sangat beresiko terkena penyakit jantung. Maka dari itu, lakukan pergerakan tubuh dengan cara berjalan-jalan sebentar atau melakukan senam ringan setiap 30 menit. Hal ini untuk menetralkan aliran darah di dalam tubuh, sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung.
2.    Menonton televisi hingga larut malam dapat beresiko terkena anemia, karena jam tidur yang tidak teratur. Selain itu, kesehatan mata dapat menurun dari hari kehari. Oleh karena itu, usahakan jangan menonton televisi hingga larut malam, karena tubuh dan mata kita memerlukan istirahat yang cukup sehingga saat bangun pagi tubuh dan mata kita akan kembali fres.
3.    Terlalu lama duduk di depan televisi juga dapat mengakibatkan terkena penyakit diabetes, karena menurut studi yang diterbitkan oleh Journal Of American Medical Association paa tahun 2003 mengungkapkan bahwa meningkatnya resiko diabetes mencapai 14% terjadi karena menonton televisi selama 2 jam setiap harinya.
4.    Menonton televisi juga dapat memicu kegemukan tau obesitas, ini dikarenakan kurangnya aktivitas selama menonton televisi sehingga kurangnya proses pembakaran lemak dan kebiasaan ngemil saat menonton acara kesukaan anda.
5.    Bahaya lain dalam menonton televisi terlalu lama dapat mengakibatkan terjadinya serangan asma.
6.    Bagi anak-anak yang menonton televisi terlalu lama setiap harin dapat mengganggu perkembangan otak sang anak itu sendiri, sehingga dapat menurunkan kecerdasan dalam berpikir dan mengingat pelajaran di sekolah.
7.    Menurunnya daya penglihatan, ini dikarenakan pantulan cahaya televisi sangat kuat sehingga dapat merusak retina mata anda.

Demikianlah informasi mengenai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Sumber
manfaatkhasiatbuah.com
id.wikipedia.org/wiki/Televisi

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar