Senin, 21 September 2015

Berbagai Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Apakan anda suka mengkonsumsi buah jambu biji? Ternyata jambu biji memiliki banya sekali manfaatnya bagi kesehatan, karena di dalam jambu biji terdapat nutrisi yang baik dan dapat membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti kanker, membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga dapat mengobati demam berdarah.

Indonesia merupakan sebuah Negara agraris yang menjadi penghasil berbagai jenis buah tropis yang salah satunya yaitu jambu biji, banyak orang yang menganggap sepele jambu biji. Padahal jambu biji ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, selain itu buah tropis ini memiliki kemampuan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga dapat menjadi anti kanker.



Kandungan Vitamin C Pada Jambu Biji Lebih Tinggi Dibandingkan Dengan Jeruk


Pada umumnya, banyak masyarakat yang beranggapan jika sumber vitamin C yang paling banyak dapat ditemukan pada buah jeruk. Padahal jika dilakukan pengujian mengenai kandungan vitamin C, jambu biji memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat lebih banyak.

Pada setiap 100 gram jambu biji terdapat kandungan vitamin C sebanyak 87 mg, sedangkan buah jeruk memiliki kandungan vitamin C hanya sekitar 49 mg. bahkan jika dibandingkan dengan jenis buah impor seperti anggur dan juga apel, kandungan vitamin C nya sangat jauh berbeda hingga berpuluh-puluh kali lipat. Menurut dari hasil daftar Analisa Bahan Makanan (1992), buah apel memiliki kandungan vitamin C hanya sekitar, 5 mg per 100 gram, sedangkan buah anggur hanya memiliki kandungan vitamin C sekitar 3,3 mg per 100 gram. Untuk itu, jika anda ingin mendapatkan asupan vitamin C yang banyak dan memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi masalah sariawan, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat berperan sebagai antioksidan yang tinggi. Untuk mendapatkan sumber vitamin C yang optimal dalam jambu biji, sebaiknya konsumsi jambu biji beserta dengan kulitnya, karena sumber vitamin C nya terdapat pada kulit dan daging buahnya yang tebal.

Manfaat Jambu Biji Untuk Menurunkan Kolesterol Dan Mengendalikan Hipertensi


Selain kaya akan kandungan vitamin C, ternyata jambu biji juga memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi sekitar 14 mg dalam setiap 100 gram. Senyawa potassium ini sangat bermanfaat untuk membantu menormalkan denyut jantung, dapat menstabilkan cairan di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan juga mengaktipkan kembali kontraksi otot.

Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, serat yang terdapat pada jambu biji ini merupakan jenis pectin yaitu jenis serat yang dapat larut dalam air. Jenis serat yang terdapat pada jambu biji dapat membantu dalam mengikat kadar garam berlebih, lemak dan juga membuang zat-zat beracun yang mengendap didalam saluran pencernaan. Selain itu, dengan ruin mengkonsumsi serat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya didalam tubuh dan juga mencegah pembentukan sel kanker.

Manfaat jambu biji untuk mencegah kanker


Jambu biji juga memiliki senyawa yang bernama fitokimia. Senyawa fitokimia yang terdapat dalam jambu biji seperti flavanoid, polifenol dan juga karotenoid. Kandungan senyawa tersebut terdapat pada beberapa jenis jambu biji seperti jambu biji merah dan juga putih, namun jambu biji merah memiliki kandungan karotenoid lebih banyak dan salah satunya yaitu beta-karoten yang menjadi sumber vitamin A. sedangkan kandungan senyawa flavanoid yang terdapat pada jambu biji memiliki kemampuan dalam mencegah pembentukan sel kanker karena dapat berperan sebagai anti kanker, selain itu juga sebagai anti virus, anti radang dan juga anti alergi.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Source

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar