Minggu, 07 Februari 2016

Manfaat Makan Ikan dari Kandungan Nutrisinya

Apakah anda suka mengkonsumsi ikan? Ikan merupakan makanan hewani yang menjadi budaya makanan kita sehari-hari mulai dari ikan mas, ikan gurame, ikan mujair, ikan lele dan masih banyak lagi jenis-jenis ikan yang dapat kita konsumsi sehari. Bagi anda yang gemar mengkonsumsi ikan, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu informasi seputar ikan. Simak yukk, informasinya berikut ini.

Manfaat Ikan dan Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam ikan



Beberapa jenis ikan yang banyak mengandung lemak yang beberapa diantaranya seperti ikan salmon, ikan tenggiri, ikan tuna dan juga ikan sarden memiliki banyak kandungan nutrisi omega 3 yang sangat baik untuk dikonsumsi dan berkhasiat untuk menurunkan proses pembentukan plak pada pembuluh darah.
Selain itu, didalam daging ikan juga kaya akan kandungan protein, tetapi memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang sangat rendah. Pada umumnya, didalam satu ekor ikan memiliki kandungan protein sekitar 20 gram. Jumlah tersebut setara dengan 1/3 dari jumlah kebutuhan gizi per hari bagi orang dewasa, sekitar <160 br="" dan="" juga="" kadar="" kalori="" kolesterol.="" mg="">
Tidak hanya itu, perlu anda ketahui jika ikan merupakan salah satu sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A,B dan D. Kanndungan iodine, zat besi dan juga kalsium yang terdapat di dalam ikan, paling banyak ditemukan pada bagian tulang ikan yang dapat dikonsumsi seperti pada ikan salmon dan juga ikan sarden.

Apakah asal memasak ikan dapat menurunkan kadar gizi pada ikan? Tentu saja ya !

Lalu, bagaimana cara memasak ikan yang baik dan benar? Simak penjelasannya berikut ini.

Memasak ikan yang sembarangan tentu saja dapat mempengaruhi kualitas dan juga kadar gizi yang terdapat didalam ikan tersebut, seperti halnya kandungan lemaknya.

Misalnya saja, anda memasak ikan dengan cara di goreng, padahal jika dibandingkan dengan di goreng akan lebih baik jika di masak dengan cara di kukus. Karena jika di olah dengan cara di kukus, kandungan lemak yang terdapat di dalam daging ikan akan dapat menurunkan jumlah kadar lemak sampai dengan 9 gram dan juga sekitar 81 kalori. Dengan cara dikukus juga tidak harus menambahkan minyak goreng, sehingga kadar lemaknya akan sangat rendah. Selain dengan cara di kukus, anda juga dapat mengolahnya dengan cara di panggang atau di semur. Apabila anda ingin tetap mengolahnya dengan digoreng, sebaiknya minyak goreng yang digunakan jangan terlalu banyak dan kurangi penggunaan garam, saus dan juga minyak. Anda juga dapat menambahkan beberapa pelengkap seperti sayuran, bumbu rempah dan juga jangan lupa menambahkan air perasan jeruk lemon.

Bagaimana jika mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang berlebihan

Pada dasarnya, walaupun daging ikan memiliki banyak manfaatnya yang salah satunya yaitu baik untuk kesehatan jantung, tetai jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat berdampak pada meningkatnya berat badan dan terlebih jika ikan nyang dikonsumsi memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Untuk porsi yang baik yaitu sekitar 90 sampai 120 gram untuk satu porsinya, dengan mengkonsumsi ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan, daging ikan memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, domba/kambing dan juga daging ayam.

Demikianlah sedikit penjelasan yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Pranala luar:

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar