Minggu, 29 November 2015

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi Wanita

Ini dia mitos dan fakta tentang menstruasi yang selalu menjadi pertanyaan wanita, apakah benar atau salah. Apa benar, jika dalam masa haid sebaiknya para kaum wanita jangan keramas atau mencuci rambut? Pada faktanya pernyataan tersebut sangat disalahkan, karena pada dasarnya mencuci rambut atau keramas merupakan aktivitas yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan serta kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Selain menyehatkan, ternyata dengan rutin menjaga kebersihan rambut dapat terhindar dari bebagai penyakit kulit kepala dan juga rambut yang disebabkan oleh kuman dan juga kotoran yang menumpuk.




Beberapa mitos lainnya yang beredar mengenai menstruasi masih banyak yang salah kaprah, serta masih banyak para kaum wanita yang melakukan hal tersebut. Penasaran, apa saja mitos yang salah kaprah dan masih sering dilakukan sampai saat ini? Simak informasinya berikut ini.

1.    Mitos : Jangan melakukan aktivitas olehraga pada saat menstruasi
Fakta : Pada dasarnya, tidak ada alasan bagi para kaum wanita yang sedang menstruasi untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, kecuali anda sedang mengalami kram yang cukup parah (dismenorea) atau mengalami menstruasi dengan volume darah yang sangat banyak (menoragia) sehingga dapat mengganggu anda dalam bergerak. Padahal banyak para ahli yang menyarankan agar rutin berolahraga pada saat menstruasi yang bertujuan untuk mengurangi kram pada otot.

2.    Mitos : Mengkonsumsi obat haid dapat menyebabkan rahim menjadi kering
Fakta : Di dunia kedokteran tidak adanya istilah rahim kering. Pernyataan tersebut hanya ada pada kalangan masyarakat yang awam yang bertujuan untuk memperhalus istilah (kemandulan), karena mereka beranggapan jika rahim kering tidak akan dapat mengandung atau hamil yang di ibaratkan pada ladang yang gersang yang pastinya tidak akan dapat ditanami dan panen. Padahal obat haid yang dikonsumsi hanya akan bekerja pada sistem saraf pusat dan buka di area rahim, sehingga tidak akan berdampak pada rahim.

3.    Mitos : Wanita tidak akan hamil jika berhubungan intim pada saat menstruasi
Fakta : Sperma yang berada di dalam tubuh perempuan dapat bertahan tiga sampai 4 hari, jika periode masa menstruasi terlalu singkat yang kurang dari 28 hari, maka ovulasi dapat terjadi pada saat masa menstruasi berlangsung.

4.    Mitos : Perempuan yang sedang menstruasi tidak boleh berenang
Fakta : Berenang pada saat sedang menstruasi boleh-boleh saja, asalkan anda tetap memakai pembalut.

5.    Mitos : Pada saat menstruasi dilarang untuk mencuci rambut
Fakta : Sebenarnya menjaga kebersihan itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, maka tidak ada larangan untuk mandi, pada kenyataannya, mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu meringankan kram dan tegang.

6.    Mitos : PMS itu tidak nyata, itu hanya pola pikir perempuan saja
Fakta : PMS atau dikenal juga dengan sindrom pra menstruasi merupakan hal yang nyata terjadi pada semua perempuan. Biasanya dapat ditandai dengan adanya gejala seperti rasa nyeri pada payudara, muncul jerawat, perubahan hormone, sakit kepala, depresi, sering cemas dan lain-lain.

Nah, mulai sekarang sebaiknya jangan langsung percaya dengan mitos-mitos yang banyak beredar. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya jika anda merasa ragu.

Artikel Terkait Kesehatan ,Serba Serbi

Posting Komentar