Sabtu, 20 Februari 2016

Yuk Kita Ke Tangkuban Perahu Keren Bro!



Gunung tangkuban perahu merupakan obyek wisata yang menjadi primadona dikota bandung dan juga sekitarnya, karena di tempat wisata ini banyak dikunjungi para wisatawan local maupun asing untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga. Gunung ini dikenal dengan nama tangkuban perahu karena bentuk gunungnya yang hampir mirip dengan nsebuah perahu yang terbalik atau nangkub (Bahasa sunda), gunung ini memang memiliki kisah legenda yang sangat tersohor dan bahkan sampai ke berbagai Negara didunia. Obyek wisata gunung tangkuban perahu berlokasi di kota Bandung, jawa barat, Indonesia.

Di tempat wisata ini anda dapat menikmati keindahan pemandangan alamnya yang sangat asri, karena area disekitar obyek wisata ini dipenuhi dengan perkebunan the dan pepohonan pinus yang rimbun. Maka tak heran jika udara disini sangat sejuk dan menyegarkan, ketinggian gunung ini mencapai 2.084 meter. Gunung ini memiliki pusat erupsi yang dapat berpindah-pindah dari bagian timur ke bagian barat. Pada saat terjadi letusan, gunung ini mengeluarkan jenis dari bebatuan seperti sulfur dan lava, sedangkan jenis mineral yang dikeluarkan oleh gunung ini yaitu sulfur belerang. Tetapi jika pada saat gunung ini sedang tidak aktif, maka akan mengeluarkan uap belerang yang cukup menyengat.


Selain itu, dikawasan sekitar obyek wisata gunung tangkuban perahumemiliki tingkat suhu mencapai hingga 17 derajat celcius pada siang hari, tetapi jika pada pagi dan malam hari suhu dapat mencapai hingga 2 derajat celcius. Disekitar gunung tangkuban perahu juga terdapat beberapa kawasan hutan yang diantaranya yaitu hutan montane, hutan Dipterokarp Bukit, hutam Dipterokarp atas, hutan Ericaceous atau lebih dikenal dengan nama hutan gunung.

Image source wisatakita.net


Status Gunung Tangkuban Perahu

Menurut dari hasil data dari Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia mengungkapkan bahwa gunung tangkuban perahu merupakan salah satu gunung di jawa barat yang masuk kedalam daftar kategori gunung berapi yang masih aktip dan status dari gunung ini masih terus diawasi. Beberapa dari kawah yang terdapat di sekitar gunung ini masih menandakan keaktipannya, tanda-tanda keaktipan dapat diketahui dengan adanya gas belerang yang muncul dan adanya sumber air panas yang terletak di kaki gunung yang salah satunya yaitu dikawasan obyek wisata ciater, Subang.

Bentuk dan topografi kota bandung yang mirip dengan cekungan dengan terdapat perbukitan dan juga pegunungan pada setiap sisi membuat teori akan adanya telaga besar yang sekarang menjadi kawasan kota Bandung semakin kuat, sehingga para ahli dalam bidang geologi menyakini jika kawasan dataran tinggi yang ada di kota bandung merupakan sebuah sisa-sisa peninggalan dari danau besar yang pernah terbentuk akibat pembendungan sungai citarum yang disebabkan oleh terjadinya letusan gunung berapi pada masa lalu yang lebih kita kenal dengan nama gunung sunda dan juga gunung tangkuban perahu yang saat ini merupakan sisa dari gunung sunda purba.


Untuk menuju ke lokasi obyek wisata gunung tangkuban perahu, anda dapat melewati pintutol Pasteur dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke Jl, Dr, Djunjunan – lalu lanjutkan menuju ke pasir kaliki – Sukajadi – Setiabudi - Lembang dan kemudian anda akan segera sampai menuju ke lokasi wisata digerbang atas.

Jika anda masih bingung untuk menuju ke lokasi wisata, anda dapat bertanya kepada polisi atau warga sekitar karena. Untuk alamat lengkapnya yaitu Gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Indonesia.

Lebih banyak lagi tempat wisata di bandung ini yang bisa dijadikan referensi bagi sobat semua http://wisatakita.net/wisata-di-bandung/
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. Selamat berlibur…

Artikel Terkait Objek Wisata

Posting Komentar