Rabu, 17 Februari 2016

Manfaat Luar Biasa Temulawak Bagi Kesehatan

Penasaran, apa saja manfaat temulawak bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini. Temulawak atau dikenal dengan nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dapat kita temukan di indonesia dengan mudah. Temulawak memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, karena didalam tumulawak terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sduah terbukti sangat berkhasiat dalam menjaga dan juga mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh secara alami.

Pada umumnya, temulawak ini sering kali dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jamu tradisional seperti salah satu diantaranya yaitu jamu untuk anak-anak untuk membantu meningkatkan nafsu makan dan juga berat badan. Temulawak juga merupakan jenis rempah-rempah yang berwarna kuning dengan aroma yang sangat harus dan memiliki rasa sedikit pahit dan pedas. Temulawak tidak hanya dapat membantu meningkatkan nafsu makan, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

4  Manfaat Temulawak Yang Luar Biasa


1.     Dapat mengatasi masalah pencernaan

Temulawak memiliki khasiat yang sangat dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diantaranya yaitu diare, maag, perut kembung, dyspepsia dan juga indisgestion. Beberapa jenis gangguan pencernaan tersebut dangat dengan cepat disembuhkan dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin dan teratur. Menurut dari hasil penelitian pada tahun 2006 di Clinical Gastroenterology and Hepatology mengungkapkan bahwa dari sekian banyak jumlah pasien yang memiliki masalah dengan pencernaan, kondisi kesehatannya semakin membaik dan sembuh dalam waktu yang cukup cepat setelah mereka mengkonsumsi temulawak secara rutin dan teratur.

2.     Mengatasi masuk angin dan mengobati sakit kepala

Beberapa jenis nutrisi yang terkandung di dalam temulawak terbukti sangat efektif mengobati masuk angin dan juga sakit kepala. Untuk cara mengkonsumsinya, anda cukup minum secara teratur 2-3 gelas jamu temulawak, setelah itu anda dapat beristirahat dan pada saat terbangun tubuh akan terasa lebih bugar dan sakit kepala pun akan berkurang dan bahkan sakit kepala pun akan hilang.

3.     Menghilangkan rasa sakit pada saat menstruasi

Sering kali para kaum wanita yang sedang menstruasi sering mengeluhkan rasa sakit pada perut. Hal ini memang lumrah terjadi, namun jika rasa sakit terlalu berlebih dan bahkan membuat seseorang yang mengalaminya pingsan, segera konsultasikan dengan dokter karena khawatir ada gejala lain yang dapat berbahaya bagi kesehatan reproduksi wanita. Jika rasa sakit terbilang normal, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi jamu temulawak secara teratur. Kandungan nutrisi pada temulawak dapat bersifat dingin, sehingga rasa sakit pada saat menstruasi akan hilang.

4.     Dapat mengobati kanker

Terdapat kabar yang terdapat pada sebuah jurnal ilmiah dengan judul The Prostate mengabarkan jika temulawak merupakan salah satu jenis rempah-rempah alami yang sangat efektif dalam mengobati beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan juga kanker usus. Hal ini juga telah dibuktikan dari hasil study yang dilakukan di The University of Maryland Medical Center yang menyebutkan bahwa temulawak memiliki beberapa jenis kandungan nutrisi yang mampu untuk mencegah dan membunuh pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh dengan baik.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai manfaat temulawak yang dikuti dari sumber dan temukan manfaat lainnya di http://manfaat.co/manfaat-temulawak.html.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar