Selasa, 27 Mei 2014

5 Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan

Kesehatan kehamilan ibu sangat penting untuk diperhatikan karena nantinya akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu juga tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Dan 5 hal berikut ini sebaiknya menjadi prioritas

1.      Cukupi asupan nutrisi ibu

Pada ibu hamil tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Kebutuhan nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Bagi ibu hamil juga dapat mengkonsumsi susu khusus ibu hamil sebagai tambahan nutrisi.



2.      Istirahat yang cukup

Pada ibu hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan aktifitas fisik yang berat dan melelahkan. Ibu hamil memerlukan waktu istirahat yang cukup sehingga bisa mencegah timbulnya risiko keguguran yang diakibatkan terlalu capai dalam beraktivitas. Bahkan pada wanita hamil yang memiliki kandungan lemah disarankan untuk istirahat total.

3.      Olahraga dan istirahat cukup

Olah raga ringan juga perlu dilakukan bagi ibu hamil. Hal ini bermanfaat untuk memperlancar aliran darah yang dapat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh ibu hamil. Perlu diperhatikan jenis olah raga yang dilakukan, yaitu cukup melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil yang dapat dilakukan di sekitar rumah. Untuk menjaga agar tetap sehat kehamilannya seorang ibu hamil juga membutuhkan waktu beristirahat yang lebih banyak dibandingkan ketika dalam kondisi tidak hamil. Istirahat cukup juga dimaksudkan untuk mengembalikan stamina tubuh ibu hamil.

4.      Hindari stres

Beban pikiran yang berat dapat memicu stres sehingga rentan mengalami keguguran. Selain itu, penting juga bagi ibu untuk dapat mengontrol emosi selama proses kehamilan karena gangguan emosi pada ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi janin dalam  kandungan.
Baca juga tips merawat kesehatan pikiran

5.      Kontrol dokter secara rutin

Sejak mengetahui kehamilannya, ibu hamil sebaiknya melakukan kontrol rutin ke dokter kandungan atau bidan. Hal ini sangat dianjurkan karena berfungsi sebagai kontrol sekaligus tindakan preventif atas kondisi kesehatan dan perkembangan janin.

Hal-hal tersebut di atas sebaiknya anda lakukan agar kondisi ibu tetap fit dan kesehatan kehamilan terjaga.

Mungkin Anda juga ingin tahu Tips menjaga kesehatan saat hamil pertama atau kehamilan trimester pertama

Artikel Terkait

Posting Komentar