Selasa, 22 April 2014

Manfaat Kulit Manggis Untuk Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan karena terjadinya penyempitan atau tersumbatnya pembuluh arteri koroner yang dikarenakan adanya penumpukan zat lemak trigliserida dan kolesterol pada dinding pembuluh nadi pada bagian belakang.


Gejala yang akan terjadi pada seseorang yang terjangkit penyakit jantung yaitu :



·         Dada akan terasa sesak dan kesulitan untuk bernafas
·         Sering terasa pusing pada kepala yang berkepanjangan
·         Sering terasa sakit pada bagian tulang dada dan leher

Apabila telah terasa gejala-gejala seperti berikut, salah satu alternatif alaminya  yaitu dengan mengkonsumsi ramuan dari kulit manggis yang di percaya dapat mengobati penyakit jantung.

Kulit manggis mengandung senyawa Xanthone yang menghasilkan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, radikan bebas merupakan zat kimia yang dapat merusak molekul seluler penting seperti, DNA, Lipid dan sel-sel penting lainnya. Radikal bebas juga penyebab utama terjangkitnya penyakit-penyakit lain seperti, kanker, ginjal, diabetes dan yang lainnya. Maka dari itu, radikal bebas dapat diatasi dengan antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis. Kandungan pada kulit manggis juga kaya akan vitamin C,vitamin B compleks dan rendah kalori.

Manfaat kulit manggis untuk penyakit jantung dapat mengatasi penyakit jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh, hal tersebut dapat mengurangi penumpukan lemak pada dinding pembuluh nadi.
Untuk mengatasi penyakit jantung, anda dapat mengkonsumsi kulit manggis dengan cara dijadikan jus. Caranya yaitu :

Pertama-tama kita bersihkan terlebih dahulu kulit manggis sebanyak 2 buah, lalu rebus dengan 4 gelas air. Setelah itu rebus sampai air hanya tersisa 2 gelas saja, kemudian air rebusan kulit manggis tersebut dipakai untuk membuat jus. Minum secara rutin 2 kali sehari.

Efek samping yang di akibatkan dari kulit manggis
Pada saat mengkonsumsi bahan-bahan herbal lainnya, tubuh pasti akan mengalami anti-reaksi pada pemakai awal. Pada pemakaian awal biasanya akan terjadi efek samping seperti :

1.   Alergi ringan
·      Kemerahan pada kulit
·      Terjadinya pembengkakan
·      Gatal-gatal

2.   Alergi yang terasa pada system kerja tubuh
·      Nyeri sendi
·      Pusing
·      Nyeri otot
·      Mual dan kembung

Untuk itu jangan mengkonsumsi kulit manggis terlalu banyak karena mengandung kadar resin, serat kasar dan tannin yang mengakibatkan gangguan pada system pencernaan.

Baca juga manfaat kulit buah manggis dan efek samping yang lainnya.

Sumber:  http://bit.ly/manfaatkulitmanggis

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar