Kamis, 08 Mei 2014

Artikel Kesehatan Herbal : Catatan Penting Sejarah Obat Masa Kini

Artikel kesehatan herbal sudah ada sejak jaman dahulu kala. Artikel kesehatan herbal pada jaman dahulu tentunya sangat berbeda dengan artikel kesehatan herbal jaman sekarang. Dengan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki, tidak adanya teknologi dan belum ditemukannya obat-obat kimia seperti pada saat ini, orang jaman dahulu mencoba meramu berbagai macam tumbuhan untuk dijadikan sebagai obat guna menyembuhkan penyakit.


Dari kebiasaan orang kuno untuk meramu berbagai macam obat dari alam tersebut, kemudian dicatat pada tembok-tembok gua atau pada catatan tradisional untuk diwariskan pada keturunannya. Catatan tersebut menjadi pedoman bagi keturunan selanjutnya untuk meramu tanaman obat yang tumbuh disekitar jika terserang suatu penyakit.


Artikel kesehatan herbal jaman dahulu merupakan cikal bakal adanya obat-obatan herbal pada saat ini.

Banyak obat yang beredar di pasaran merupakan obat herbal yang telah diketahui merupakan warisan turun temurun sejak jaman dahulu. Contohnya :

Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam kategori umbi atau akar. Dengan bau yang khas, orang jaman dahulu beranggapan wangi dari jahe bisa melegakan hidung. Ditambah rasa yang hangat juga mampu melegakan tenggorokan. Akhirnya, jahe menjadi masuk dalam artikel kesehatan herbal sejak dahulu untuk mengobati batuk dan pilek.

Getah tumbuhan walisongo

Dengan ilmu pengetahuan yang masih minim, orang dahulu berpikir bagaimana caranya untuk menghentikan darah yang mengalir ketika terluka. Dengan kondisi alam yang menyediakan berbagai tumbuhan yang bermanfaat, getah tumbuhan digunakan untuk membantu menghentikan darah yang mengalir ketika terluka, salah satunya dengan getah tumbuhan walisongo.

Dengan khasiat yang diketahui secara turun temurun, dua tumbuhan diatas merupakan contoh tumbuhan yang sampai saat ini selalu tercatat dalam artikel kesehatan herbal

Lihat juga manfaat herbal daun sirih

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar