Senin, 21 April 2014

Manfaat Kulit Manggis dan Cara Pengolahannya

Kulit manggis memang dipercaya dapat mengatasi segala macam penyakit, hal ini sudah banyak di rasakan oleh banyak orang dan hasilnya pun terbukti berkhasiat. Maka tak heran apabila kulit manggis banyak di cari untuk dijadikan obat alami dan salah satunya dapat mengobati penyakit jantung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kulit manggis :



Dapat memperkuat system kekebalan tubuh
Mengatasi keracunan pada makanan
Mengatasi sesak nafas
Menormalkan tekanan darah tinggi
Dapat mencegah disentri
Mencegah dan mengobati penyakit kanker
Mengatasi pembengkakan pada saat menstruasi
Mencegah kerusakan pada DNA
Menstabilkan sistemkelenjar endokrin
Mengobati sakit gigi
Memperbaiki sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel yang baru
Mengatasi diare
Sebagai alat bantu pada system getah bening
Mencegah penuaan dini
Mengatasi peradangan
Mencegah penyakit batu ginjal
Menurunkan resistensi insulin dalam tubuh
Dapat menurunkan berat badan
Menyebuhkan penyakit TBC dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

Baca juga manfaat daun sirih yang sangat penting bagi kesehatan sebagi obat herbal tradisional.

Cara pengolahan kulit manggis :

1. Dijadikan Jus
Kerok kulit manggis sebanyak 1 buah dengan menggunakan sendok, kemudian tambahkan air sebanyak 1 gelas lalu blander sampai halus. Anda dapat menambahkan sedikit gula agar rasanya agak manis, di sarankan menggunakan gula jawa atau gula merah. Anda juga dapat menambahkan madu agar rasa pekat yang ada pada kulit manggis tidak terlalu terasa, minum secara rutin 2 kali sehari di saat pagi dan malam.

2. Diolah dengan cara direbus da dikeringkan
Cara ini merupakan cara yang cukup baik untuk membuat ramuan dari kulit manggis, apabila pada saat belum musim buah manggis kita tidak akan susah lagi untuk mencari buah manggis. Cara pengolahannya yaitu dengan cara mengiris kulit buah manggis lalu jemur di tengah terik matahari sampai kulit buah manggis betul-betul kering agar kulit manggis dapat bertahan lama dan tahan jamur. Untuk membuat ramuannya, ambil 1 genggam kulit manggis kering, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai kulit buah manggis tersebut layu. Kemudian air rebusan kulit manggis tersebut dipakai untuk membuat jus dengan buah-buahan lainnya.

3. Cara mengolah kulit manggis berikutnya yaitu dengan cara ditumbuk lalu dikeringkan
Cara ini pun untuk mengantisifasi pada saat berakhirnya musim buah manggis. Cara pengolahannya hampir sama dengan cara pengolahan sebelumnya. Namun bedanya pada saat telah dikeringkan, kulit manggis ditumbuk sampai halus agar menjadi serbuk. Cara membuat ramuannya, anda dapat mencampurnya dengan jus atau diseduh dengan air panas dan diberi tambahan madu agar rasanya tidak terlalu pahit.

4. Cara pengolahan terakhir yaitu dengan mengolah buah manggis beserta kulitnya untuk dijadikan jus, cara ini merupakan cara yang paling sederhana. Caranya yaitu, ambil buah manggis sebanyak 2 buah, lalu cuci dengan air bersih. Setelah itu buah manggis di kupas lalu masukan buahnya dan juga kulitnya yang sebelumnya telah di iris terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menambahkan gula jawa dan madu agar rasanya lebih enak, lalu blender dan jus pun siap di minum.

Selain itu kulit manggis bermanfaat untuk kecantikan; manfaat kulit manggis untuk kecantikan

Nah, demikianlah manfaat kulit manggis dan cara pengolahannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Sumber

Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar