Rabu, 30 April 2014

Apa motivasi Jalan-Jalan-mu?

Berbagai alasan dan motivasi pada orang-orang untuk jalan-jalan

Jalan-jalan merupakan aktifitas yang menyenangkan bagi semua orang, tua – muda,  pria - wanita, anak-anak – orang dewasa semua suka jalan-jalan.  Banyak sekali motivasi seseorang yang ingin jalan-jalan.  Bagi seseorang yang penat dengan pekerjaan atau tugas yang menumpuk, jalan - jalan merupakan salah satu sarana melepas stress atas semua aktifitas yang membuat penat pikiran dan tubuh. Orang-orang yang stress karena penat tentunya ingin jalan-jalan untuk mencari hiburan, jalan-jalan kemana pun tidak jadi soal, yang terpenting bisa menghibur dan menyenangkan hati.

Jalan-jalan juga sering dilakukan untuk mencari suasana baru atas keadaan yang itu-itu saja, ambil contoh seperti orang Jakarta yang jalan-jalan ke Bandung atau Puncak karena telah merasa suntuk dengan kemacetan dan polusi kota Jakarta. Mereka memilih Puncak atau Bandung karena ingin merasakan udara bersih dan ketenangan diri terbebas dari hiruk pikuk kota.
Berbeda lagi dengan para pendaki gunung, mereka juga melakukan jalan-jalan tetapi motivasinya adalah tantangan. Mereka ingin menaklukan gunung tertentu sebagai tanda kepuasan diri dan wujud pencapaian diri. Sebut saja seseorang yang telah berhasil mendaki Gunung Rinjani, tentunya dia akan merasa tertantang untuk menaklukan gunung yang lebih tinggi lagi sampai  akhirnya menaklukan gunung tertinggi. Ambil contoh Gunung Semeru di Jawa dengan Puncak Mahameru-nya. Seorang pencinta alam mempunyai motivasi untuk berada lebih dekat dengan alam ketika melakukan jalan-jalan. Biasanya mereka mengunjungi air terjun, berenang di danau, melakukan kegiatan di alam bebas dan lain sebagainya. Seorang pendaki gunung biasanya juga adalah seorang pencinta alam. Seorang backpacker juga termasuk dalam kategori ini.
Ada lagi motivasi seseorang melakukan jalan-jalan yaitu untuk berbelanja. Dan yang sering melakukan hal ini adalah wanita walaupun para pria juga melakukannya. Seseorang yang jalan-jalan untuk berbelanja biasanya akan lebih memilih mengunjungi toko atau mall daripada berwisata di alam bebas. Apalagi jika sedang ada pesta diskon, tentunya mereka tidak mau ketinggalan.
Lain lagi dengan seorang bapak yang mengajak putra kecilnya untuk mengunjungi kebun binatang. Tentunya si bapak ingin  mengenalkan hewan-hewan yang ada di kebun binatang agar si anak tahu dan mengerti tentang nama dan jenis-jenis hewan. Si bapak akan menunjukan dan menerangkan bahwa hewan ini adalah singa yang berkaki empat, mempunyai gigi yang tajam dan mempunyai surai atau rambut yang lebat. Singa merupakan hewan pemakan daging. Lalu hewan yang itu namanya gajah, berbadan besar, mempunyai hidung yang panjang yang disebut belalai dan memiliki telinga yang lebar serta gading yang kokoh. Sama juga ketika ada seorang teman yang mengajak ke toko buku untuk melihat apakah ada koleksi buku baru di sana, maka motivasinya adalah untuk belajar dan menambah ilmu.
Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apa yang menjadi motivasimu jalan-jalan?

Artikel Terkait Serba Serbi

Posting Komentar