Sabtu, 05 April 2014

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Anak-Anak

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Anak-Anak - Biasanya kita memanfaatkan madu hanya untuk pelengkap minuman dan makanan saja, tapi ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung didalam cairan madu ini. Didalam kandungan cairan madu terdapat manfaat dan khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan kita dan keluarga, madu ini dapat bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan bahkan dapat dijadikan obat yang sangat berhasiat untuk segala macam penyakit. Sejak zaman dulu, madu sangat dipercaya dapat mencegah dan mengobati segala macam penyakit. Di mesir misalnya, metode pengobatan penyakit telah di praktekan sejak lama. Seorang peneliti ilmu pengobatan modern menyimpulkan bahwa madu adalah obat yang sangat mujarab, dengan mengkonsumsi madu dapat membuat tubuh terasa hangat serta dapat mengobati batuk dan sakit maag. Maka dari itu, banyak sekali beredar obat-obatan, minuman, suplemen makanan dan kosmetik yang mengandung unsur madu.



Ternyata lebah bukan serangga yang harus kita takuti karena sengatannya, justru harus kita jaga populasinya agar tidak punah. Tidak hanya madunya saja yang dapat mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, bahkan sengatannya pun dapat dijadikan metode pengobatan yang sangat ampuh. Dengan sengatan lebah ini dapat mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh. Di indonesia telah banyak pengobatan-pengobatan alternatif yang menggunakan metode sengatan lebah ini. Membahas tentang manfaat madu, manfaat madu ini tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja tetapi bagi anak-anak juga sangat bagus untuk masa pertumbuhannya, untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang manfaat madu untuk anak dan berikut ini penjelasannya.

Manfaat madu untuk anak Yaitu :

1. Untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk
Salah satu manfaat dari cairan madu ini dapat mengobati sakit tenggorokan dan batuk pada anak. Didalam sebuah penelitian telah disimpulkan bahwa anak yang berusia di atas 2 tahun, jika terdapat keluhan sakit pada tenggorokan yang di sertai batuk apabila diberikan madu dengan takaran 2 sendok makan sebelum tidur dapat meringankan rasa sakit pada tenggorokan yang di deritanya dan dapat membuatnya tidur dengan nyenyak. Tetapi karena adanya resiko botulism di dalam kandungan madu, sebaiknya jangan diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun.

2. Untuk mengobati luka pada anak
Madu juga dapat kita jadikan sebagai antiseptik alami yang  dapat menghindarkan infeksi pada luka. Didalam kandungan madu terdapat Hidrogen Peroksida dan bahan lainnya yang dapat bermanfaat untuk mensterilkan luka dan mencegahnya dari infeksi serius pada luka. Apabila anak anda terjatuh dan terluka, sebaiknya tindakan yang pertama anda lakukan adalah membersihkan luka dengan air hangat, kemudian anda oleskan  sedikit madu pada luka tersebut lalu tutup dengan menggunakan perban agar lukanya tidak terkotori debu dan jangan lupa untuk mengganti perbannya setiap 24 jam sekali.

3. Untuk menjaga sistem pencernaan pada anak
Didalam kandungan madu terdapat efek laksatif ringan yang dapat bermanfaat mengurangi sembelit dan perut kembung. Tidak hanya itu, cairan pada madu juga kaya akan bakteri-bakteri baik yang dapat berfungsi sebagai prebiotik yang dapat menjaga pencernaan dan sistem imun dalam kondisi prima. Untuk menjaga sistem pencernaan pada anak, anda dapat memberikan teh hangat di campur dengan air lemon dan madu agar sistem pencernaan pada anak tetap terjaga.  Untuk mencegah sakit maag pada anak, anda dapat memberikan 1 atau 2 sendok makan madu pada anak sebelum makan ( 1 jam sebelum makan ) 1 kali sehari untuk pencegaha dan 2 kali sehari untuk pengobatan. Selain itu, dapat memberikan efek tenang pada perut.

4. Untuk mencegah dan mengobati dari gigitan serangga
Biasanya anak-anak sering terkena serangan gigitan nyamuk, gigitan serangga ini merupakan hal yang paling tidak menyenangkan pada anak. Jika hal ini sering terjadi pada buah hati anda, segera oleskan sedikit madu pada bagian yang digigit nyamuk karena didalam kandungan madu ini terdapat zat anti bakteri yang dapat mecegah infeksi pada kulit.


Nah,, demikianlah manfaat madu untuk anak yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.


Artikel Terkait Kesehatan

Posting Komentar